6 Langkah Untuk Selamatkan Bumi Kita

Tags :
Date :17 Desember 2015

Pemanasan dunia yag sering kita sebut dengan Global Warming adalah bencana dunia karena ulah atau kebiasaan manusia yang buruk atau bahkan diri kita sendiri. Tidak ada kata terlambat untuk menyelamatkan bumi kita dari pemanasan dunia. Tanggung jawab kita sebagai orang dewasa, orang tua bahkan sebagai guru untuk mempersiapkan sejak usia dini anak-anak kita menjadi generasi menyelamatkan bumi kita. Supaya anak-anak mencintai bumi, kita harus menceritakan apa akibat global warming, bagaimana global warming bisa terjadi. Langkah-langkah sederhana supaya anak-anak membiasakan dirinya mencintai bumi :

 

  1. Membiasakan pada anak untuk membuang sampah ditempatnya, membedakan sampah organik (bisa didaur ulang : sisa makanan, daun), sampah anorganik (tidak bisa didaur ulang: plastik) dan sampah berbahaya (baterai, gelas atau piring pecah) dan juga meminimalisasi penggunaan sampah plastik, karena plastik tidak bisa menjadi tanah selama puluhan tahun.
  2. Penghijauan, dengan mendukung program pemerintah menanam pohon. Kita bisa menanam pohon dilingkungan kita tinggal. Satu pohon yang kita tanam dapat menyelamatkan bumi.
  3. Hemat air, gunakan air sewajarnya. Tutup kran selesai menggunakannya.
  4. Menumbuhkan kesadaran diri anak untuk menggunakan listrik seperlunya, mematikan lampu saat siang hari dan saat tidur, mematikan AC saat tidak digunakan, mematikan semua alat elektonik yang tidak dipakai.
  5. Hemat bahan bakar, jika akan pergi ke tempat yang dekat bisa jalan kaki tidak perlu naik motor atau bahkan mobil.
  6. Mengingatkan kepada anak supaya setiap hari anak mau menjaga dan mencintai bumi tempat kita tinggal, mendukung supaya anak percaya diri bahwa dimanapun mereka berada bisa menjadi contoh yang baik untuk siapapun karena mereka sudah berupaya untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan dunia dan harus berani menegur siapapun yang tidak menjaga bumi dengan baik.


LOVE THE WORLD, SAVE THE EARTH