Post

INVESTASI MASA DEPAN MELALUI PENDIDIKAN

09 Oktober 2017

INVESTASI MASA DEPAN MELALUI PENDIDIKAN

Sering kali kita mendengar obrolan antar orang tua yang menyatakan betapa mahalnya biaya sekolah saat ini. Hal ini wajar terjadi karena tuntutan jaman. Pendidikan telah bergeser menjadi sesuatu yang wajib dipenuhi dan harus dipenuhi secara kontinyu minimal sampai si anak lulus SMA dan bahkan Perguruan Tinggi. Selama Orang Tua mampu, mereka akan mengupayakan berbagai hal untuk memenuhi kewajibannya dan membawa putra – putrinya ke bangku pendidikan. Ketika kita mengeluhkan tentang mahalnya biaya pendidikan saat ini, satu hal yang perlu kita sadari bahwa sebenarnya Pendidikan adalah investasi yang paling berharga (priceless) dibandingkan dengan investasi lainnya. Mengapa begitu?

Yang pertama, melalui Investasi Pendidikan kita memenuhi kewajiban kita sebagai Orang Tua. Amsal 29 : 17 berbunyi “Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu”. Melalui ayat ini, Raja Salomo yang berhikmat menyatakan bahwa jika kita mendidik anak kita dengan benar maka bukan hanya anak kita saja yang akan menikmati hasilnya, tetapi sebagai Orang Tua kita juga akan mendapatkan jaminan masa depan dan kebahagiaan.

Yang kedua, melalui Investasi Pendidikan kita membekali anak kita dengan kecerdasan. Dengan mempercayakan anak kita hanya ke sekolah yang terbaik berarti kita membekali mereka bukan hanya kecerdasan dan kemampuan dalam berpikir tetapi juga membekali mereka dengan kecerdasan spiritual, kecerdasan moral serta kecerdasan dalam membangun relasi. Kecerdasan – kecerdasan ini tentunya akan sangat berguna bagi si anak untuk membangun masa depannya di kemudian hari.

Yang ketiga, ketika anak kita dididik di sebuah sekolah yang baik, otomatis semua talenta dan kemampuannya akan berkembang secara maksimal. Guru – guru yang berkualitas dan lingkungan yang baik sangat dibutuhkan dalam perkembangan kehidupan dan karakter anak kita sehingga mereka bertumbuh menjadi pribadi yang baik pula. Tetapi sekali lagi, untuk mendapatkan pendidikan terbaik bagi anak kita, ada harga yang harus dibayar.

Yang terakhir, berbeda dengan jenis investasi lainnya yang menanamkan modal berupa uang atau properti, investasi pendidikan adalah Investasi Masa Depan. Apa yang kita tanamkan saat ini pasti akan kita petik hasilnya yaitu ketika anak – anak kita mempunyai MASA DEPAN yang baik bukan hanya dalam hal materi tetapi juga moral dan spiritual.

Kesimpulannya, pendidikan adalah investasi yang pasti kita dapatkan return nya. Apapun yang kita tanamkan untuk anak – anak kita saat ini, investasi tersebut tidak akan merugi atau hilang tetapi akan terus berlipat ganda dan berbuah. Manfaatnya memang belum bisa diukur saat ini, tapi pasti akan sangat bermanfaat dan menghasilkan di masa depan. Semua investasi duniawi memiliki resiko tetapi investasi pendidikan untuk tujuan mulia akan menghasilkan hal yang mulia.



Tags:

Comment (1)

28 Jul 2016 12:40:pm
Post by Jenuar Dalapang
Edukasi keuangan terhadap anak memang penting sejak dini
Reply

Leave a Comment