Post

Metode Pembelajaran STEAM

07 Agustus 2019

Metode Pembelajaran STEAM

STEAM merupakan salah satu metode pembelajaran yang menggunakan kelima elemen ilmu

( pengetahuan, teknologi, teknik rekayasa / cara, seni dan matematika ) dimana semua aspek ini merupakan cara berpikir yang sistematis untuk dapat memahami suatu ilmu pengetahuan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari sebagai pola pemecahan masalah, pemikiran kreatif dan analitis.

Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematics (STEAM) sebenarnya ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun seringkali kita memberikan arti yang terlalu jauh sehingga tampak rumit untuk dipelajari.

Mengapa STEAM perlu dikenalkan pada anak – anak usia dini ? STEAM mengajarkan ketrampilan anak – anak, seperti bekerjasama, ketekunan, kreativitas dan kecerdasan. STEAM sangat penting, karena kehadirannya tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari – hari dan anak – anak  yang “melek” STEAM, akan menjadi seorang inovator dan pemikir kritis.

Hasil akhir dari model pembelajaran STEAM adalah anak – anak terlibat dalam pembelajaran, memiliki pengalaman, bertahan dalam pemecahan masalah,  dapat melakukan kolaborasi dan bekerja melalui proses kreatif (4C/ Pembelajaran abad 21), sehingga STEAM ini diyakini bisa menjadi jalan keluar dalam mengahapi era revolusi industri 4.0.

Melalui bermain, anak dapat belajar dan berinovasi tentang banyak hal. Siapa bilang belajar itu sulit dan membosankan? Bersama YSKI Preschool, belajar menjadi kegiatan bermain yang sangat menyenangkan.



Tags:

Comment (0)

Leave a Comment