SEKOLAH SEBENTAR LAGI, APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN

Tags :
Date :15 Juli 2017

Hai sobat muda, tak terasa libur sekolah sudah hampir usai. Sebentar lagi sudah masuk sekolah di tahun pelajaran yang baru. Wah tentu sudah dipersiapkan kan untuk hari pertama sekolahnya? Yuk, kita bahas apa saja yang perlu kita persiapkan.

Persiapan Mental

Secara psikologis tahun ajaran yang baru memberi dampak tertentu bagi kita. Bisa dampak positif juga bisa dampak negatif. Dampak positif nya adalah memberikan semangat yang baru, gairah yang baru, capaian baru, harapan baru, motivasi yang baru bahkan target yang baru yang akan dicapai sudah ada dibenak kita. Lalu, apa dampak negatifnya, merasa tahun ajaran ini di tingkat yang baru memberi beban yang baru, merasa lebih sulit menghadapinya karena tentu dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.

Persiapan mental yang perlu dilakukan adalah belajar dari kekurangan di tahun pelajaran lalu, dan mulailah dengan semangat yang baru optimis menghadapi tahun pelajaran ini dengan giat belajar, pasti semua akan berjalan dengan baik. Nanti akan kita bahas bagaimana kiat-kiat belajar efektif untuk meningkatkan nilai-nilai kita.

Persiapan Fisik

Secara fisik perlu persiapan juga, kesehatan itu mahal harganya. Oleh sebab itu, upayakan untuk hidup sehat dengan makan teratur biar kita terhindar dari sakit maag (sakit yang umum dialami setiap orang). Konon katanya, sakit maag dapat dipicu stress selain itu karena jam makan tidak teratur. Ayo atur hidup kita supaya kita makin siap hadapi tahun pelajaran baru. Selain itu, olah raga ringan juga penting kita lakukan, contoh: jogging, sit up, streching dipagi hari untuk mempersiapkan fisik kita agar tidak mudah lelah, lesu maupun tidak mudah sakit saat tugas-tugas menumpuk.

Buku dan alat tulis yang baru yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran juga perlu disediakan. Membeli buku catatan baru bisa menjadi penambah semangat menghadapi agenda agenda baru yang penting untuk dicatat di situ.

Tentukan Target Baru

Selain kedua persiapan tersebut diatas, kita perlu tentukan target baru di tahun pelajaran baru ini nanti. Ambil bolpoint mu dan secarik kertas, mulailah pikirkan angka rapor di semester pertama yang akan kamu raih. Tulislah secara detail. Kamu bisa lihat hasil rapor mu ditahun lalu untuk menjadi bahan menentukan target yang baru.

Tips menetukan target adalah SPEKTAKULER tapi juga REALISTIS. Jadi target yang kita buat di dalam hidup kita harus mencakup 2 hal tersebut. Maksudnya, target itu harus spektakuler sehingga membuat kita terpacu untuk mencapainya, tetapi juga realistis bagi kita tidak terlalu sulit juga alias masuk akal untuk dicapai. Misalnya, pelajaran paling sulit adalah matematika untuk diri saya. Nah, saat dilihat di tahun pelajaran lalu di rapor hanya 67 padahal KKM nya 75. Target saya untuk tahun pelajaran depan akan saya buat spektakuler tetapi juga realistis saya akan target kan 76. Mengapa bagi saya spektakuler karena angka tersebut benar benar akan membuat saya berjuang keras karena di atas KKM. Tetapi angka itu juga realistis bagi saya tidak terlalu sulit lah menaikkan 9 point dari perolehan awal.

Semoga tips tips ini berguna bagi kalian yang akan menghadapi tahun pelajaran yang baru!

Do the best and let God do the rest.