Tips Belajar Bahasa Pemrograman PHP dan MySQL

Tags : sma,semarang,terbaik,kristen,sekolah,yski
Date :25 Februari 2016

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam internet, yang mana memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal dan lebih mudah daripada HTML. MySQL memungkinkan Anda untuk membuat dan merubah database pada server Anda. Dengan menggunakan keduanya, Anda akan bisa membuat situs dan database yang jauh lebih kompleks dan juga lebih baik. Banyak yang harus Anda pelajari untuk mampu menguasai PHP dan MySQL dengan baik, namun Anda dapat mempelajari dasarnya dengan mudah pada artikel ini.

  1. Mengerti apa itu PHP dan MySQL. PHP merupakan bahasa pemrograman yang dapat Anda gunakan untuk membuat skrip yang lebih interaktif. Skrip ini kemudian akan diolah dalam web server yang hasilnya dapat dilihat dalam bentuk HTML. PHP memungkinkan Anda membuat situs yang lebih interaktif dan lebih mudah untuk dioperasikan. MySQL merupakan bahasa pemrograman database terbuka. Yang mana memungkinkan Anda untuk bisa membuat, merubah, dan mengakses beberapa database sekaligus dalam server Anda. Kombinasi keduanya biasanya digunakan untuk membuat toko daring, forum, permainan, dll. PHP dapat mengumpulkan informasi dari pengguna, membuat dan merubah berkas pada server, mengirim dan menerima cookies, membatasi akses, mengenskripsi data, dll.
  2. Memahami persyaratan. Anda dapat langsung mempelajari PHP ini. Namun ada baiknya jika Anda ingin lebih memahaminya, maka Anda harus memiliki dasar pengetahuan mengenai HTML, CSS, dan JavaScript. Hal ini karena skrip PHP akan berubah menjadi HTML dan CSS pada saat dikirim ke peramban (browser). Mengetahui dasar-dasar bahasa pemrograman tersebut akan lebih memudahkan Anda untuk mempelajari bahasa pemrograman PHP ini.
  3. Menyewa atau membuat web server. Dalam rangka menggunakan PHP dan MySQL ini, Anda harus memiliki akses ke web server. Jika Anda tidak memiliki akses tersebut maka Anda dapat membuatnya di komputer Anda.
  4. Cari beberapa sumber. Terdapat banyak sekali jalan untuk Anda yang ingin mempelajari bahasa pemrograman PHP dan MySQL ini. Banyak sekali terdapat sumber daring, pelatihan secara daring, buku, dll. Semua itu dapat membantu Anda untuk dapat mempelajari bahasa pemrograman PHP dan MySQL ini.
    • Sumber yang paling baik salah satunya adalah w3schools.com. Situs ini merupakan situs yang dapat mengajarkan kepada Anda bagaimana cara membangun sebuah situs web dari dasar dengan menggunakan tutorial yang interaktif sehingga mudah untuk dipahami.
    • Terdapat banyak buku yang dapat membantu Anda, salah satu yag paling terkenal adalah buku yang berjudul “Learning PHP, MySQL, JavaScript, & CSS” karya Robert Nixon dan “PHP and MySQL Web Development” karya Luke Welling.
    • Periksa daftar jurusan di kampus di sekitar wilayah Anda. Mungkin saja terdapat jurusan programming di kampus sekitar wilayah tempat tinggal Anda. Belajar bahasa pemrograman di kampus akan lebih menarik karena selain Anda akan dibimbing langsung oleh pengajar berpengalaman, Anda juga dapat mendiskusikan sesuatu yang belum Anda pahami dengan baik.

    Sumber : http://id.wikihow.com