Toddler-PG-Tk YSKI Semarang, Jadikan Siswa Miliki Karakter SPECIAL

Tags : tk,pg,yski
Date :04 Desember 2015

Setiap orangtua pasti menginginkan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya. Bermoto "Best Hands for Education", Toddler-PG-TK YSKI dapat menjadi pilihant tepat. sekolah yang berada di 3 lokasi strategis di Semarang, yaitu PG-TK SD Kristen 1, Jalan Kompol Maksum 280, Toddler-PG-TK YSKI 2, Jalan Dr. Cipto 109 dan PG-TK YSKI 3, Jalan Tanjung 14, siap membimbing dan mengedukasi putra-putri bangsa menjadi pribadi yang tinggi iman, ilmu dan moral, serta memiliki karakter SPECIAL (Spiritual - Passionate- Enthusiastic - Caring - Integrity - Adaptive - Leader).

Toddler-PG-TK YSKI menyadari sepenuhnya bahwa pendidikan bagi anak usia 3-5 tahun sebaiknya tidak menitikberatkan pada kegiatan akademis, karena yang dibutuhkan mereka adalah rangsangan untuk menstimulasi seluruh kemampuan inderanya. Bermain merupakan salah satu proses belajar yang efektif untuk anak. Melalui bermain, seluruh aspek kemampuan anak (motorik, kognitif, bahasa, emosional, seni) dapat berkembang dengan maksimal.
Mengerti bahwa masa anak di usia 3-5 tahun adalah masa bermain, Toddler-PG-TK YSKI terus berinovasi dalam mengembangkan metode pembelajaran sentra (BCCT) kreatif. Potensi anak senantiasa digali dan dikembangkan melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang variatif dan inovatif. Anak dibiasakan untuk mandiri dan percaya diri dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, anak dilatih untuk berpikir saintifik dalam menggali pengetahuan. Selain itu, para guru senantiasa hadir saat dibutuhkan sebagai fasilitator dan motivator.
Beberapa sentra yang dikembangkan dan dilaksanakan dalam pembelajaran di PG-TK YSKI adalah, pertama, Sentra Persiapan (readiness center). Ini adalah tempat bermain dan belajar keaksaraan untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Di sentra ini, anak-anak belajar konsep dasar angka dan huruf melalu berbagai ragam main yang menyenangkan.
Kedua, Sentra Drama (dramatic play center). Tempat bermain peran, anak dapat berekspresi dan berkreasi sesuai dengan peran yang dimainkannya. Banyak pengalaman hidup dan rasa percaya diri yang didapatkan di sentra ini.
Ketiga, Sentra Bahan Alam (nature material center). Tempat anak diberi kesempatan untuk berekspolrasi dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di alam (daun, pasir, koran, biji-bijian, dan lain-lain), serta berlatih berpikir saintifik. Di sini, sains dasar juga mulai diperkenalkan kepada anak-anak.
Keempat, Sentra Balok (block center). Tempat anak diberi kesempatan untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas untuk menciptakan bangunan maupun bentuk dari kepingan-kepingan balok. Di sentra ini, konsentrasi dan kemampuan motorik anak juga diasah.
Kelima, Sentra Eksplorasi & Daya Cipta (exploration center). Tempat anak dapat berkreasi dengan bahan yang ada di lingkungannya agar dapat menciptakan karya seni yang dapat mengembangkan potensi seni.
Keenam, Sentra Memasak (cooking center). Tempat anak belajar tentang makanan sehat, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya serta mendapatkan kesempatan untuk mengolah bahan-bahan tersebut menjadi makanan sehat.
Selain proses pembelajaran di lingkup sekolah, YSKI mengadakan kegiatan outdoor learning bagi siswa PG dan TK. Anak-anak diajak untuk belajar dari alam (kunjungan ke peternakan, perkebunan, dan sebagainya. dan dari lingkungannya (hotel, rumah sakit, bank, radio dan lain-lain). Melalui kegiatan ini, diharapkan anak dapat mengalami sendiri kegiatan sehari-hari yang nyata. Bahkan, YSKI mengadakan acara retret untuk anak TK B. Anak-anak belajar untuk hidup mandiri (tanpa didampingi orantuanya) selama 2 hari satu malam. Kegiatan ini diisi dengan kegiatan kerohanian, pembiasan mandi-gosok gigi sendiri, makan makanan sehat (khususnya sayur dan buah), tidur tanpa lampin pakai -buang dan dot.
PG-TK YSKI menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan kepribadian, minat dan kemampuan anak, seperti paduan suara, menggambar, dance, modeling, musik, dan lain-lain. Untuk anak-anak yang mempunyai minat khusus, diadakan ekstra kurikuler Public Speaking for Kids dan Entrepreneurship for Kids.
Tahun Ajaran Baru 2015/2016, khususnya PG-TK Kristen 3 YSKI yang berlokasi di Jalan Tanjung 14 Semarang akan menyelenggarakan proses pembelajaran Bilingual di PG-TK. Anak-anak akan dibiasakan untuk menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari, tanpa meninggalakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu.
Untuk tahun ajaran 2015/2016, Toddler-PG-TK YSKI membuka pendaftaran siswa baru. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi YSKI (024)8441948 atau kunjungi situs web : www.yski.info.

(Artikel ini terbit di koran kompas tanggal 21 April 2015).