Post

Sebuah novel karya Angelica Viona siswa SMA Kristen YSKI Semarang

28 Februari 2021

Sebuah novel karya Angelica Viona  siswa SMA Kristen YSKI Semarang

Berawal dari ‘iseng’, berakhir dengan kontrak menulis;
sebuah novel karya Angelica Viona
siswa SMA Kristen YSKI Semarang

Menulis bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Begitu pula dengan Angelica Viona, atau biasa dipanggil dengan Angel, seorang siswa kelas XI dari SMA Kristen YSKI Semarang. Angel awalnya merasa bahwa menulis itu sulit,  tetapi setelah menyelesaikan karya pertamanya  sebuah novel berjudul Cold Senior vs Bad Junior, ternyata menulis itu menyenangkan dan tidak sesulit yang dibayangkan. Diterbitkannya novel ini, memberikan kebanggan bagi orang tua maupun almamaternya.

Hobi adalah sisi wajib yang dimiliki setiap orang. Hobi menulis yang  dilakoni Angel ternyata membawanya pada sebuah dunia baru yang menarik untuk dijejali. Ia suka menulis dan membaca karya sastra sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Hal ini diketahui ketika mengikuti ekstrakurikuler teater dan lewat teater ini pula guru dan orang tuanya mengetahui kemampuan menulisnya. Saat itu siswa diminta untuk menulis sebuah naskah drama. Pengajar teater berdecak kagum membaca naskah yang ditulis Angel dan tidak menyangka jika ia memiliki bakat dalam bidang menulis. Bahkan ketika di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) ia pun semakin sering menulis. Hobi menulis ini semakin mengasah kemampuannya di bidang sastra, hingga akhirnya ia mendapatkan  sebuah teknologi yang dapat mengarsipkan tulisan-tulisannya.

Teknologi memberikan banyak kemudahan bagi semua orang untuk mengembangkan diri, salah satunya whattpad. Perlu kita ketahui aplikasi whattpad adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menulis tentang apapun dan terhubung dengan internet sehingga memungkinkan siapapun dapat melihat hasil karya tulisan seseorang. Aplikasi ini memang cukup membantu orang-orang yang suka menulis karena penggunaannya tidak terbatas waktu dan tempat. Begitu pula dengan Angel, awalnya Angel hanya ‘iseng’ untuk menuangkan imajinasinya ke dalam aplikasi tersebut. Berawal dari 1 bab, kemudian lanjut pada bab-bab berikutnya hingga 50 bab. Ternyata tulisannya memiliki hingga 3 juta pembaca. Hal ini sangat di luar dugaan dan ia tidak menyangka banyak orang yang menyukai karyanya. Aplikasi ini dirasa sangat membantu selama proses penulisan dan penyelesaian novelnya. 

Setiap proses dalam hidup pasti memiliki tantangan. Tentu saja Angel juga merasakan hal yang sama. Proses penulisan ini memakan waktu 1 tahun, dimulai sejak kelas IX hingga akhirnya selesai kelas X. Angel mengakui dalam perjalanannya, pernah mengalami kehilangan ide, selama 3 bulan tidak mengunggah karyanya sama sekali. Memang proses menulis kadang akan mengalami yang namanya “mandeg ide”, situasi di mana penulis merasa kehilangan ide dan harus mencari inspirasi untuk melanjutkan tulisannya. Setelah 3 bulan tidak menulis, akhirnya penulisan dilanjutkan kembali hingga mencapai 50 Bab. Pada bagian ini, terkadang banyak orang memilih untuk berhenti atau menunda hingga batas waktu tak tentu, tetapi Angel tidak memilih demikian. Ia tetap memotivasi diri dan semangat untuk mencari ide agar apa yang sudah diawali dapat diakhiri dengan baik hingga nantinya memeroleh hasil yang maksimal.

Proses memang tidak pernah mengkhianati hasil. Setelah berjibaku menulis mencapai 50 bab dan 3 juta pembaca, salah satu penerbit yaitu Numerous Jakarta meminang karya Angel. Angel sendiri tidak menyangka tulisan ini membawanya mewujudkan impiannya sebagai penulis. Akhirnya, ia  tanda tangan kontrak dengan penerbit tersebut selama 2 tahun ke depan, tidak sampai di situ, seletah  itupun masih banyak tawaran-tawaran menulis dari penerbit lainnya. Namun tentunya tidak  semudah itu proses selanjutnya sudah menanti, Angel pun diminta untuk menyelesaikan novelnya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan penerbit dan juga harus menyesuaikan diri dengan editor dan  pihak penerbit. Semua proses telah dilalui,  pada  Januari tahun 2021 lalu Novel berjudul Cold Senior vs Bad Junior sudah diterbitkan.

 Novel Cold Senior vs Bad Junior ini termasuk  teenlit. Teenlit adalah singkatan dari Teen Literature merupakan sastra populer dengan tema kehidupan remaja beserta segala macam kisah yang sering dialami oleh remaja pada umunya. Novel ini menceritakan tentang kisah siswa SMA antara Liora sebagai siswa kls X yang baru masuk dengan Rio kakak kelas sekaligus ketua Osis yang dikenal ‘dingin’. Tentu kisah-kisah dalam novel ini membuat hati para pembacanya ikut terhayut  dalam ceritanya. Ceritanya juga dapat membawa pembaca seolah merasakan suasana dalam cerita, merasa seolah-olah dekat dan berada dalam cerita, pastinya juga membuat pembaca merasa gemas dengan kedua tokoh utamanya. Ide dalam novel ini ia dapatkan dari kesukaannya menonton film dan kehidupannya sehari-hari sebagai seorang siswa, sehingga dapat menggambarkan secara detail ceritanya dan pembaca dapat dengan mudah membayangkan peristiwa dalam cerita tersebut.

Ada harga yang harus dibayar untuk mencapai sebuah prestasi. Setiap orang yang ingin mencapai sebuah level yang lebih tinggi harus berani mengorbankan sesuatu dalam hidupnya, baik waktu maupun hal lainnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Angel, sehingga ia dapat mencapai mimpinya. Tentunya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai impiannya masing-masing, tinggal bagaimana kita mencapai impian tersebut, apakah akan memotivasi diri atau menyerah dalam prosesnya. Dengan demikian, hal yang dapat dikerjakan adalah memanfaatkan kesempatan dengan baik dan menikmati setiap prosesnya.

 

                                                                                                                                                                     Oleh Kristia Greace



Tags:

Comment (0)

Leave a Comment