SMP DAN SMA YSKI SIAP LAKSANAKAN UNBK

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online.

Tahun pelajaran 2016 / 2017 SMP dan SMA YSKI siap melaksanakan UNBK atau UN-CBT, sekolah senantiasa melakukan pembenahan dan penambahan perangkat Teknologi Informasi. Dalam pelaksanaan UNBK, YSKI menggunakan 3 Server (2 Server Utama, 1 Server Cadangan), Jaringan Internet menggunakan Fiber Optik dengan bandwith 25 Mbps (Dedicated 1:1), dan 55 PC yang siap digunakan siswa untuk mengerjakan UNBK.

SMP dan SMA YSKI juga sudah melakukan ujicoba (simulasi) UNBK semi online. Hal ini bertujuan untuk: 1) mengecek kondisi infrastruktur di sekolah, 2) latihan proktor dan teknisi mengikuti prosedur UNBK, 3) latihan melaksanakan ujian UNBK, 4) mengecek sistem dan prosedur, dan 5) latihan peserta didik dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *